Senin, 21 April 2014

Pil KB untuk Ibu Menyusui

Waktu masih hamil sempat googling cari referensi nanti mau pakai KB apa. Akhirnya menyudut jadi 2 pilihan, spiral atau pil kb khusus menyusui.

Tapi kok ya mikir banyakkkk banget kalau pakai KB spiral, takut nanti bagian inputnya,dan namanya memasukkan alat ke dalam tubuh kayaknya masih ngeri aja, ditambah denger cerita teman yg spiralnya menyangkut, tambahlah ngerinya.

Tanya mama,ternyata mama dulu pakai KB jenis pil juga, dan ga ada keluhan apapun asal kita rutin minumnya. Berbekal pengalaman kemarin semasa hamil aku selalu rutin dan ga pernah lupa mengonsumsi pil asam folat dari bidan, mantaplah pilih pil KB menyusui.

 Akhirnya setelah selesai nifas yang cukup panjang sekitar 60 hari, konsultasi ke bidan dan resmilah menjadi pengonsumsi pil KB andalan laktasi (15rb). Satu strip berisi 28 butir pil kecil, untuk dikonsumsi setiap hari 1 butir, diusahakan selalu di waktu yang sama. Aku rutin minum jam 6.40 pagi karena pas waktu selesai sarapan, jadi selalu ingat kalau setelah sarapan rutinitasnya adalah minum pil KB.


Jadi review untuk pil KB andalan laktasi yang telah kukonsumsi selama 6 bulan ini:
  • Pil ini ukurannya sangat kecil, jadi untuk yang sulit minum pil atau tablet tidak perlu khawatir.
  • Lebih murah dibandingkan pil KB merk lain.
  • Tidak mengganggu produktivitas ASI
  • Di belakang kemasan terdapat jadwal hari sehingga membuat kita lebih terjadwal dalam mengonsumsinya.
  • Tidak ada pengaruh terhadap berat badan.
Kalau untuk masalah siklus haid belum tahu apakah berpengaruh atau tidak karena semenjak nifas aku belum mengalami menstruasi lagi sampai Emir usia 8 bulan ini. Hasil ngobrol-ngobrol dan baca-baca sih kalau sedang menyusui memang siklus menstruasi tidak jelas, jadi ya aku sih tenang-tenang saja selama tidak mengganggu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar