Selasa, 17 Juni 2014

Resep MPASI 7 Bulan Emir dengan Slow Cooker

Di 7 bulan, aku mulai kasih Emir MPASI bubur, dimasak dengan slowcooker, aku masak sekitar 3-5 jam, masak sekitar jam 12 malam, dan disiapkan kalau aku bangun pagi sekitar jam 4 atau jam 5 pagi. Ini beberapa Resep yang pernah aku coba di MPASI 7 bulan Emir. Kebetulan Emir porsi makannya sedikit, jadi untuk yang porsi makannya banyak mungkin bisa disesuaikan lagi.

Bubur Ayam Wortel

Beras putih 2 sdm + ayam giling 30 gr + wortel 1/4 batang (potong kecil atau parut)+ kaldu ayam 50 ml. Masukkan ke dalam slow cooker, masak selam 4-5 jam, blender.

Bubur Hati Ayam Bayam Wortel
Beras putih 2 sdm + hati ayam cincang 1 sdm + wortel 1/4 batang (potong kecil atau parut) + kaldu ayam 50 ml. Masukkan ke dalam slow cooker, masak selam 4-5 jam, blender.

Tim kentang daging
1/4 kentang (potong kecil) + daging giling 30 gr +buncia 5 buah (potong kecil) +50 ml kaldu daging. Masukkan ke dalam slow cooker, masak selam 3-4 jam, blender.

Bubur Ayam Tempe Buncis
Beras putih 2 sdm + 30 gr ayam giling + 1 sdm tempe cincang + 5 buncis baby (potong kecil) +1 sdm bawang putih (geprek, cincang kasar) + 1 sdm bawang bombay (cincang kasar) +5 0 ml kaldu ayam. Masukkan ke dalam slow cooker, masak selam 3-4 jam, blender.  

Oatmeal Daging Wortel
Bahan:
2 sdm oatmel, wortel 1/4 batang (potong kecil atau parut), 1 sdm daging giling, 50 ml kaldu
Cara:
Masukkan wortel, daging giling, 50 ml kaldu daging. Masukkan ke dalam slow cooker, masak selam 3-4 jam, blender.

Alhamdulillah di 7 bulan ini Emir luamayan doyan makan, walaupun porsinya sedikit. Satu resp MPASI di atas aku masak selama 4 hari berturut-turut, baru ganti resep lain. Belanja pun aku untuk 4 hari. Beli 1 wortel import, dibagi 4 dimasukkan ke kulkas. Beli daging atau ayam giling 100 gram dibagi untuk 4 hari.

Untuk kaldu ayam atau kaldu daging bisa diganti dengan air dalam jumlah yang sama, berasnya pun bisa diganti beras merah atau pasta. Pada awalnya aku sempat buat kaldu ayam, tapi ko ya ribet banget, akhirnya aku pesan kaldu ayam dan kaldu daging di motherlovekaldu.blogspot.com. Aku pesan kaldu ayam kampung organik 1 liter (39 ribu) dan 1 liter kaldu daging sapi (42 ribu). Aku ambil ketika sudah jadi pesanannya di gedung Philips Pejaten untuk menghemat biaya pengiriman yang bisa sampai 35 ribu. Kaldunya tanpa gula garam, 1 liter dibungkus menjadi 10 plastik.




17 komentar:

  1. Halooo mom.. mau nanya. itu air atau kaldu cukup 50 ml? kayak dikit bgt ya. trus itu untuk porsi 1 kali makan ya mom? baru mau belajar pake slowcooker nih.

    Regard,
    Mommy Keizu

    BalasHapus
    Balasan
    1. mommy keizu.. iya aku cuma pakai 50ml, klihatannya sedikit ya, tapi setelah jadi dan diblender, itu bisa untuk 3 kali makan, catatanku itu untuk anak yang porsi makannya sedikit ya, kebetulan waktu itu anakku makannya memang belum mau banyak. Sempat coba beberapa kali sampai akhirnya ketemu 50 ml itu, jadi ketika diblender buburnya kekentalannya pas untuk anak 7 bulan, tapi silahkan dicoba-coba aja ya mom.. ^_^

      Hapus
  2. Iya mom.. bingung juga soal kaldu yg cm 50 ml..itu pake slow cooker yg ukuran brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. donna sagita.. iya aku pakai 50 ml, aku sempat coba-coba beberapa kali dan dapat takaran 50 ml ini kekentalannya pas ketika diblender dan jadi bubur. Aku pakai slow cooker tonze ukuran 1 liter, jadi memang wadahnya besar banget untuk ukuran masak yang seperti aku, catatan lagi itu aku sesuaikan karena memang porsi makan anakku waktu itu sedikit. Silahkan dicoba-coba aja ya mom, kadang memang kalau masak di slow cooker harus eksperimen sendiri..^_^

      Hapus
  3. Mom, pake kaldu reguler atau kaldu pekat?

    BalasHapus
  4. Mom, utk bumbu2 yg dimasukkan dlm SC juga diblender? Trus utk ayam apakah dg SC bisa halus ketika diblender nanti? Soalnya tadi saya masak ayam dg dikukus dandang sampai empuk kmdn dipotong kecil lalu diblender kok anak saya masih keselek y.. mksh.. (note:untuk daging or ayam giling bisa diganti ayam kampung utuh? Soalnya di sini bukan kota mom, ndak ada yg gilingan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bahan2 lain aku potong kecil2,ga dibender waktu masuk ke SC,kalau wortel kadang aku parut supaya lebih mudah,,kalau mau ayamnya bisa dipotong2 dulu mba,,setelah diblender aku saring kembali pakai kawat mba,jadi lebih halus,,kalau memang masih terlalu kental bisa tambah air hangat sedikit waktu mau makan..semoga membantu ya mba yunita.. ^_^

      Hapus
    2. kalau bahan2 lain aku potong kecil2,ga dibender waktu masuk ke SC,kalau wortel kadang aku parut supaya lebih mudah,,kalau mau ayamnya bisa dipotong2 dulu mba,,setelah diblender aku saring kembali pakai kawat mba,jadi lebih halus,,kalau memang masih terlalu kental bisa tambah air hangat sedikit waktu mau makan..semoga membantu ya mba yunita.. ^_^

      Hapus
  5. mom..saya nanya dong. tempat jualan kaldu ayam sama dagingnya msh adakah? sy coba buka blog nya udh ga bisa.
    mau dong kl msh ada. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau blog sudah lama ga buka mom.. tapi whatsapp nya masih aktif, coba di no 0817 738 152

      Hapus
  6. mom mau tanya.. itu walau sudah dimasak pake sc tetep di blender yah? knp mom? apa tekstur masak pake sc hasilnya masih agak kasar kah? aku baru rencana beli cs soalnya :) bantu jawab ya mom.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya masih kasar mom untuk umur anak 7 bulan, klo sudah cukup besar mungkin bisa, jadi kalau aku tetap diblender atau disaring.

      Hapus
  7. Mom, mau tanya dong.. kalo mommy yg kerja, stelah dimasak baiknya di masukkan ke wadah kedap udara atau boleh pakai wadah slow cooker nya kita masukan ke dlm kulkas? Mohon pencerahan nya ya mommy mommy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mom, baru sempat balas, biasanya saya simpan di wadah tertutup seperti tupperware dan disimpan di kulkas..

      Hapus
  8. Kan itu untuk porsi 3x makan ya mom,,,nah untuk mkn siang n sorex itu kita simpan d kulkas trus ntar kl mw mkn dpanasin atau gmn mom?
    thankz

    BalasHapus