Senin, 26 Mei 2014

Resep Puree Buah MPASI

Puree Sweet Pear 
Bahan:
Sweet pear

Cara membuat:

  • Potong-potong buah pir taruh di wadah
  • Kukus 15-30 menit
  • Blender pir kukus, dapat ditambahkan sedikit air
  • Saring
Catatan:
Pir jenis sweet pear manis luar biasa, bisa didapat di total buah harganya 29900 per kg, biasanya aku beli 1 buah seberat 0,3 kg-an seharga 10rb, bisa untuk dikonsumsi 4-5 kali. Emir luar biasa suka puree pir, mulai Emir konsumsi dari 6 bulan. Kalau Emir sembelit atau beberapa hari belum pup, diberikan puree ini, langsung lancar, karena memang buah pir bisa mengobati konstipasi.

Puree Pepaya
Bahan:
Pepaya

Cara membuat:
Potong-potong pepaya, tambahkan sedikit air (tergantung kekentalan yang diinginkan), blender, saring.

Catatan:
Aku biasanya pakai pepaya california (9rb) beli di total buah. Emir juga favorit sama puree ini. 1 buah pepaya bisa untuk sampai 8 kali konsumsi.

Puree Pisang
Bahan:
Pisang

Cara Membuat:
Kerok pisang, jangan ambil bagian tengah yang ada bijinya, lumatkan di saringan kawat. Jika ingin cair, bisa ditambahkan ASIP.

Catatan:
Pisang bisa menggunakan pisang ambon atau cavendish. Di total buah 4 pisang cavendish seharga 9rb an, ciri pisang sudah matang banyak titik hitam di bagian luarnya. Satu puree pisang bisa untuk 3 kali konsumsi. Emir juga suka puree pisang walaupun tetap palibg favorit puree pir

Puree Kabocha
Bahan:
Kabocha

Cara membuat:
Kukus kabocha 15-20 menit, setelahnya kerok daging kabocha, lumatkan dengan saringan kawat. Untuk tingkat kekentalan bisa ditambahkan ASIP.

Catatan:
Kabocha adalah sejenis labu parang yang lebih juicy dan manis. Aku beli 1/4 bagian di total buah harganya sekitar 15rb. Sayang Emir kurang suka dengan puree kabocha.

Puree Alpukat
Bahan:
Alpukat mentega

Cara Membuat:
Kerok daging alpukat blender dengan sedikit air. Untuk tingkat kekental bisa ditambah air. 

Catatan:
Alpukat mentega 1 buah seharga 15rb di total buah. Sayangnya alpukat mentega tidak semua pasti dapat yang manis walaupun sudah matang. Sayang sekali Emir tidak suka puree alpukat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar