Kamis, 15 Mei 2014

MPASI 6 bulan

MPASI perdana Emir itu tanggal 2 Februari 2014, aku hitung bukan 6 bulan tapi 180 hari dari tanggal lahirnya. Rasanya getolll banget mau suapin MPASI. Sempat bimbang juga mau kasih Emir buah dulu apa tepung beras dulu, akhirnya diputuskan buah dulu deh, MPASI perdana makan puree pepaya, dan Emir sukaaa, senangnya. Kebetulan juga hari libur, jadi kita berdua bisa dapat pengalaman pertama suapin langsung.

Di usia 6 bulan ini MPASI nya puree buah dan tepung beras. Untuk jadwal makannya:
  • 6.40 pagi    tepung beras
  • 11 siang     puree buah
  • 4 sore         tepung beras
Jadwal makannya sengaja aku sesuaikan pagi supaya sebelum berangkat kerja sempat suapin Emir. Jadi mama dapat bagian suapin Emir buah. 

Untuk tepung beras aku pakai tepung gasol (18rb beli di toko susu keluarga, sekarang juga dijual di total buah segar) beras merah minggu pertama, beras coklat minggu kedua, minggu ketiga coba ubi tapi Emir ga terlalu suka, mungkin karena baunya ya.

Cara memasak tepung ini 1:10 sama air. Berhubung Emir porsi makannya ga terlalu banyak jadi setelah beberapa kali coba aku dapat porsi Emir 3gr dimasak dengan 30ml air. Aku pakai sendok takaran susu formula Emir, Kalau penuh satu takarnya 5 gr, jadi aku kira-kira sekitar 1/2 sendok takar dilebihkan sedikit. Lalu aduk dengan air 30 ml sebelum ditaruh di atas kompor agar tidak gumpal, lalu masak dengan api kecil sambil terus aduk hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

Untuk puree buah aku coba beberapa ada yang Emir suka dan ga suka, namanya selera ya.
  • suka : puree pir, puree pepaya, puree pisang
  • kurang suka : puree kaboocha
  • tidak suka : puree alpukat
Di 6 bulan ini Emir makan di car seat lungsuran tante Emir (berhubung tak memadai beli high chair), supaya bisa mengajarkan Emir adab duduk saat makan.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar