Rabu, 26 Maret 2014

Review Susu Hamil-Menyusui & Susu Bayi

Memang susu itu bukan asupan utama  buat ibu hamil atau menyusui. Tetapi ya karena memang doyan banget sama susu, dan dipikir-pikir daripada minum yang ga jelas atau minum susu yang lebih banyak gulanya, ya sekalian aja minum susu hamil ketika hamil dan susu ibu menyusui.

Susu Hamil
  • Lactamil Awal Kehamilan
       Awal beli lactamil adalah karena harganya lumayan, waktu itu sekitar 51.000 untuk ukuran 400ml, dan saat itu sedang promosi dapat souvenir shaker lock & lock. Selama mengonsumsi lactamil sudah hampir 10 botol terkumpul, lumayan. Pada awalnya beli yang rasa madu, di dalamnya ada rasa jahenya. Ternyata jahe itu memang untuk mengurangi mual. Karena kurang suka dengan rasanya akhirnya beralihlah ke rasa coklat yang menurutku rasanya enak banget.
        
                                  
  • Lactamil Masa Kehamilan
        Masih yang rasa coklat, diminum sehari 3x untuk yang kemasan lama, kalau kemasan baru dikonsumsi 2x sehari.


Susu Menyusui
Saat menyusui mengonsumsi lactamil ibu menyusui rasa coklat. Tetapi kemudian, lactamil berubah menjadi kemasan baru yang mana harganya juga ikut naik dan sulit (belum pernah ketemu) untuk cari yang ukuran 400 ml. harga 200 ml sekitar 30.500, lalu sekrang naik 35rb. Sempat sebulan ga konsumsi karena keuangan negara tidak memadai dan akhirnya minum energen, tetapi akhirnya kembali lagi mengonsumsi karena Emir itu doyan dan hobi banget minum ASI, jadi ya kembali minum lactamil ini sebagai penambah asupan untuk ASI yang diminum Emir.
                                        Kemasan Lama                Kemasan Baru (versi coklatnya)

Susu Formula Bayi Usia 6-12 bulan
Karena selama bekerja cuma sempat pompa ASI sekitar 200ml sehari, dan selama ditinggal kerja Emir minum susu 300-400 ml, jadi ya dibantulah dengan susu formula dimulai umur 6 bulan. Alhamdulillah sampai 4 bulan stok ASIP masih bisa memenuhi kebutuhan Emir, mulai masuk bulan kelima, pompa abis-abisan, sampai sewa jasa adik untuk jadi kurir ASI kantor-rumah. Akhirnya kelelahan satu bulan kuras tenaga pumping, berpikirlah untuk bantu susu formula. 

Konsumsi susu formula itu cocok-cocokkan, beli susu formula pertama, Emir langsung buang-buang air. Menyesal juga ga sempat lihat-lihat komposisinya yang ternyata mengandung gula, padahal niat untuk tidak memberikan gula-garam. Tapi untung Emir ga cocok dan cuma sempat minum selama 5 hari. Lalu beralihlah ke Lactogen 2, cocok untuk pencernaan Emir dan tidak mengandung gula. Selalu beli yang ukuran 750 gram untuk 1 bulan, harganya di susu keluarga 76rb, kalau di Alfamart 81rb. Di dalamnya ada takarannya, dimana 1 takaran dicampur dengan 30 ml air panas/hangat. Biasanya Emir untuk sekali minum 2 sendok takar ditambah 60 ml air. Jadi selama ditinggal kerja minum ASIP 2x90ml dan lactogen 3x60 ml. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar