Selasa, 23 Desember 2014

Apa Kabar Emir? [16 bulan]

Umur Emir sudah 16 bulan, belum bisa jalan sih, hiks. Tapi alhamdulillah udah merembet-merembet plus manjat-manjat, kalau lihat yang bisa jadi pegangan pasti berdiri, rembetan, kalau bisa dipanjat dan didudukin, ya makin happylah dia. Jagainnya mulai kepayahan dan ga bisa ditinggal, meleng sedikit lagi asik pencet-pencet dispenser, meleng sedikit rubuhin jemuran, meleng sedikit ada di ujung kasur, seru bangettt, hahaha.

Beratnya hampir 10 kg, beberapa minggu lalu timbang sekitar 9,6 kg. Alhamdulillah makannya sudah lep lep, dan mau makan apa aja, ga kayak dulu yang buat ibunya mau nangis kalau tiap jam makan. Sekarang bisa makan 1 mangkok bubur 5-10 menit, tapi harus sambil nonton video lagu  atau kartun anak-anak yang didownload di handphone, yah daripada dulu kan, yang  bisa sampai 1 jam untuk habis 1 mangkok kecil bubur, gapapa lah ya cuma modal sedikit memori di handphone, hihi.

Kalau soal ngomong itu baru nomor 1, ngocehnya superrrr banyak, kosa katanya juga banyak, yang satu ini, perlu sesi sendiri untuk diceritain.

Kata orang sih memang pasti salah satu, kalau bisa jalan duluan, bisa bicaranya belakangan, atau sebaliknya. Yaa pokoknya sih aku dan suami ikutin perkembangan Emir aja, ga terlalu paksa latihan jalan atau gimana, selama Emir juga ada perkembangan insya Allah semua ga masalah. Karena sempat tanya-tanya juga dengan ibu-ibu yang lain ternyata ga perlu khawatir berlebihan kok kalau masalah jalan ini, bidan tempat kita cek Emir juga bilang hal yang sama. Jadi ya kita latih Emir dan doa super banyak.

Kembali ke soal makan, alhamdulillah bisa setahun tanpa garam gula, walaupun sempat kecolongan sedikit waktu pulang kampung 5 hari, karena bingung urusan makannya, plus orang-orang kan anggap Emir sudah besar, secara waktu itu umurnya satu tahun kurang 2 minggu, jadi ya pasrah deh waktu pulang kampung itu, suapin Emir pakai nasi dan sop atau soto yang pasti pakai gula, garam, dan penyedap, hiks. Kalau akunya rewel, bisa dianggap aneh kan, serba salah deh, tapi ya untung cuma 5 hari, plus untung waktu itu Emir belum doyan makan, hihi.

Setelah 1 tahun aku lebih bebas soal makanan Emir, tapi ya ga blas gitu aja, masih dipantau juga, diusahakan banget banget ga makan yang berMSG. Kalau makan nasi, porsinya gak bisa terlalu banyak, jadi setiap hari kita beli bubur sehat deh setiap hari, dibagi 3 porsi, ditaro di kulkas untuk 3 kali makan. Tapi kalau aku sedang makan nasi, Emir juga ikut makan. Srnangnya juga sekarang semua tipe makanan bisa digigit dan dikunyah.

Soal nen ASI, masih tetepp jagonya. Alhamdulillah deh, masih hobi ASI, insya Allah bisa sampai 2 tahun.

Soal diaper, udah ga bisa pakai clodi, clodinya dipakai buat cadangan kalau tengah malam pospaknya penuh. Secara ya, dari bayi Emir memang tipe super wet, alias pipis terus, makin besar makin banyak aja pipisnya. Srkarang kalau pakai clodi, 1 jam udah tembus sana sini, jadi kita pakai pospak deh, satu hari bisa sekitar 4 kali ganti pospak.

Lihat perkembangan anak itu luar biasa bangett ya, semua pokoknya terbayar kalau lihat tiap hari ada hal baru yang Emir bisa. Insya Allah bisa terus didik dan rawat Emir dengan sebaik-baiknya, Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar