Selasa, 01 Oktober 2013

Pemeriksaan rutin di bidan

Kalau di bidan ternyata pemeriksaan awal itu perut kita cuma diraba-raba & ditanya HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). HPHT-ku tanggal 2 November 2011, lalu ibu bidan mengukur tanggal kehamilan menggunakan kalkulator masa subur. Bentuknya mirip seperti di bawah ini. Kalau ingin sekalian tes boleh..


Ditetapkanlah perkiraan tanggal kelahirannku tanggal 9 Agustus 2013, & saat itu usia kandunganku 5 minggu. Setelah itu diberikan Buku Kesehatan Ibu Anak, folaxin (tablet untuk penambah asam folat), dan obat untuk mengurangi mual & muntah Antalid. 




Pemeriksaan rutin dilakukan tiap bulan sampai usia kandungan 32 minggu atau sekitar 7 bulan yang menjadi tiap 2 minggu, dan di usia kandungan 35 minggu atau memasuki bulan 9 menjadi tiap 1 minggu.

Dalam pemeriksaan rutin itu dilihat keluhan yang dialami, tekanan darah, berat badan, umur kehamilan, tinggi fundus, letak janin, denyut jantung janin, ada atau tudaknya bengkak di kaki, saran & nasehat yang disampaikan. Semua hal ituakan membantu bidan & ibu hamil untuk mengetahui kesehatan & perkembangan ibu anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar